Jumat, 27 Desember 2013

Activity Cost Behavior_Managerial Accounting Hansen Mowen_Chapter 3




Activity Cost Behavior

            Perilaku biaya (cost behavior) adalah istilah umum untuk mendeskripsikan apakah biaya berubah seiring dengan perubahan keluaran. Biaya-biaya bereaksi pada perubahan keluaran dengan berbagai cara. Biaya tetap (fixed cost) adalah biaya yang dalam jumlah keseluruhan tetap konstan dalam rentang yang relevan ketika tingkat keluaran aktivitas berubah. Biaya variabel adalah biaya yang dalam jumlah keseluruhan bervariasi secara proporsional terhadap perubahan keluaran. Jadi, biaya variabel naik ketika output naik dan akan turun ketika output turun. Biaya campuran adalah biaya yang memiliki komponen tetap dan variabel.
            Mengklasifikasikan biaya sesuai dengan perilakunya dapat dilakukan dengan cara mempertimbangkan batasan waktu, mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan dan output aktivitas., terakhir memngukur input dan output dan menentukan pengaruh perubahan output pada biaya aktivitas.
            Model penggunaan sumber daya meningkatkan pemahaman tentang perilaku biaya. Sumber daya yang diperoleh sebelum penggunaan dikategorikan sebagai sumber daya terikat. Sumber daya yang diperoleh saat digunakan dan dibutuhkan disebut sumber daya fleksibel. Beberapa biaya, khususnya biaya tetap diskresi, cenderung mengikuti fungsi biaya bertahap. Sumber daya ini diperoleh jumlah tertentu. Jika lebar tahap cukup besar, maka biaya dipandang sebagai tetap. Jika lebar tahap sempit, maka biaya tersebut diperkirakan dengan fungsi biaya variabel.
            Ada tiga metode yang digunakan secara luas untuk memisahkan biaya campuran menjadi komponen tetap dan variabel, yaitu metode titik tertinggi-rendah; scatterplot; dan metode kuadrat terkecil. Setiap metode menggunakan asumsi hubungan biaya linier.
            Definisi biaya variabel mengasumsikan hubungan linier antara biaya aktivitas dan penggerak aktivitas terkait. Sedangkan perilaku non linier ditunjukkan pada biaya variabel yang meningkat seiring dengan peningkatan jumlah unit, tetapi tidak secara proporsional.
            Metode titik tinggi-rendah (high-low method) adalah suatu metode untuk menentukan persamaaan suatu garis lurus dengan terlebih dahulu memilih dua titik (titik tertinggi dan terendah) yang akan digunakan untuk menghitung parameter perpotongan dan kemiringan. Titik tertinggi didefinisikan sebagai titik dengan tingkat output atau aktivitas tertinggi. Titik terendah didefinisikan sebagai titik dengan tingkat output atau aktivitas terendah. Kemudian kedua titik digunakan untuk menghitung titik potong dan kemiringan garis dari kedua titik tersebut. Metode ini bersifat obyektif dan sederhana. Akan tetapi, hubungan tersebut akan salah diperkirakan jika titik tertinggi dan terendah tidak mewakili hubungan biaya yang sebenarnya.
            Metode scatterplot menyangkut pemeriksaan grafik scatter (suatu plot yang menunjukkan jumlah biaya campuran pada berbagai tingkat aktivitas yang berbeda) dan pemilihan dua titik yang tampaknya terbaik untuk mewakili hubungan antara biaya dengan aktivitas. Karena kedua titik tersebut menentukan suatu garis, kedua titik yang terpilih tersebut dapat digunakan untuk menentukan titik potong dan kemiringan garis dari kedua titik tersebut. Titik potong tersebut memberikan perkiraan komponen biaya tetap dan kemiringan memberikan estimasi biaya variabel per unit aktivitas. Metode scatterplot adalah suatu cara yang baik untuk mengidentifikasikan nonlinearitas, outlier, dan pergeseran dalam hubungan biaya. Kelemahannya terletak pada subyektifitasnya.
            Metode kuadrat terkecil menggunakan semua titik data (kecuali outlier) pada grafik scatter dan menghasilkan suatu garis yang paling sesuai dengan semua titik. Garis yang paling sesuai adalah garis yang terdekat dengan semua titik yang diukur melalui penjumlahan kuadrat deviasi titik-titik tersebut dari garis. Metode ini menghasilkan garis yang paling sesuai dengan titik-titik data sehingga lebih direkomendasikan daripada metode titik tinngi-rendah dan scatterplot.
            Koefisien determinasi atau R kuadrat adalah prosentase variabilitas variabel terikat yang dijelaskan oleh suatu variabel bebas. Prosentase ini merupakan ukuran goodness of fit . Semakin tinggi prosentase variabilitas  biaya yang dijelaskan, semakin baik garisnya. Koefisien korelasi yaitu akar dari koefisien determinasiyang mengukur kekuatan hubungan dan menunjukkan arah hubungan. Metode kuadrat terkecil memiliki keunggulan dibanding metode lainnya dalam menilai keandalan persamaaan biaya.
            Satu penggerak mungkin tidak cukup untuk menjelaskan variabilitas perilaku biaya aktivitas. Dalam hal ini, memberikan variabel tambahan ke dalam persamaan dapat meningkatkan kemampuan persamaan tersebut dalam memprediksi biaya aktivitas dan memberikan pemahaman mengenai cara pengelolaan biaya aktivitas.
            Pertimbangan manajerial merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan perilaku biaya. Sejauh ini, pertimbangan manajerial merupakan metode paling luas yang digunakan. Banyak manajer yang menggunakan pengalaman dan observasi terhadap hubungan biaya pada masa lampau untuk menentukan biaya tetap dan variabel. Metode ini memiliki banyak bentuk. Secara sederhana, beberapa manajer menentukan biaya aktivitas tertentu menjadi kategori tetap dan lainnya menjadi kategori variabel, tanpa menghiraukan kemungkinan biaya campuran. Kemungkinan lain adalah manajemen mengidentifikasikan biaya campuran dan membagi biaya-biaya ini dalam komponen tetap dan variabel dengan memutuskan bagian biaya yang merupakan biaya tetap dan variabel. Dalam hal ini, manajer menggunakan pengalamannya untuk menentukan sejumlah biaya tertentu adalah tetap dan sisanya adalah variabel. Kemungkinan terakhir adalah manajemen menggunakan pengalamannya dan pertimbangan mereka untuk memperbaiki hasil estimasi hasil statistik. Manajer yang berpengalaman mungkin dapat meneliti data dan membuang beberapa titik yang sangat tidak umum terjadi atau mungkin merevisi hasil estimasi untuk memasukkan perubahan yang diproyeksikan dalam struktur biaya atau teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar