Jumat, 10 Januari 2014

Cost Volume Profit (CVP) Analysis_Managerial Accounting_Chapter 11



Cost Volume Profit (CVP) Analysis

CVP (Cost Volume Profit) Analysis adalah suatu analisis yang digunakan untuk menentukan volume penjualan dan bauran produk untuk mencapai tingkat laba yang dikehendaki. Analisis ini membantu manajemen suatu perusahaan untuk memahami hubungan timbal balik antara biaya, volume, dan laba organisasi dengan menfokuskan pada interaksi antar lima elemen berikut: harga jual produk, volume atau tingkat aktivitas, biaya per unit, total biaya tetap, dan bauran produk yang dijual. Sehingga dapat dibuat suatu kalkulasi perencanaan laba dan anggaran penjualan dari suatu perusahaan menjadi akurat. Dengan menggunakan analisis CVP akan dapat diketahui berapa jumlah penjualan impas agar perusahaan tidak mengalami kerugian maupun untung; untuk mengetahui berapa jumlah besar penjualan yang harus dicapai untuk mencapai target laba tertentu. Analisis CVP juga dapat digunakan untuk mengetahui seberapa besar penjualan yang dapat membuat penurunan sebelum mengalami kerugian serta dapat digunakan untuk menetapkan kombinasi penjualan dari setiap jenis ukuran yang diproduksi untuk mencapai target laba yang telah ditentukan.
Margin kontribusi adalah pendapatan dikurangi dengan beban variabel. Margin kontribusi merupakan jumlah yang tersisa untuk menutup biaya tetap dan memberikan keuntungan.
Titik impas adalah tingkat dimana laba adalah nol. Titik impas disebut juga sebagai titik dimana biaya dan pendapatan sama besarnya sehingga tidak terjadi laba maupun rugi. Analisis terhadap titik impas ini digunakan untuk menentukan tingkat penjualan dan bauran produk yang diperlukan agar semua biaya yang terjadi dalam periode tersebut dapat tertutupi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar