Cost Volume Profit (CVP) Analysis
CVP
(Cost Volume Profit) Analysis adalah
suatu analisis yang digunakan untuk menentukan volume penjualan dan bauran
produk untuk mencapai tingkat laba yang dikehendaki. Analisis ini membantu
manajemen suatu perusahaan untuk memahami hubungan timbal balik antara biaya,
volume, dan laba organisasi dengan menfokuskan pada interaksi antar lima elemen
berikut: harga jual produk, volume atau tingkat aktivitas, biaya per unit,
total biaya tetap, dan bauran produk yang dijual. Sehingga dapat dibuat suatu
kalkulasi perencanaan laba dan anggaran penjualan dari suatu perusahaan menjadi
akurat. Dengan menggunakan analisis CVP akan dapat diketahui berapa jumlah
penjualan impas agar perusahaan tidak mengalami kerugian maupun untung; untuk
mengetahui berapa jumlah besar penjualan yang harus dicapai untuk mencapai
target laba tertentu. Analisis CVP juga dapat digunakan untuk mengetahui
seberapa besar penjualan yang dapat membuat penurunan sebelum mengalami
kerugian serta dapat digunakan untuk menetapkan kombinasi penjualan dari setiap
jenis ukuran yang diproduksi untuk mencapai target laba yang telah ditentukan.
Margin
kontribusi adalah pendapatan dikurangi dengan beban variabel. Margin kontribusi
merupakan jumlah yang tersisa untuk menutup biaya tetap dan memberikan
keuntungan.
Titik
impas adalah tingkat dimana laba adalah nol. Titik impas disebut juga sebagai
titik dimana biaya dan pendapatan sama besarnya sehingga tidak terjadi laba
maupun rugi. Analisis terhadap titik impas ini digunakan untuk menentukan
tingkat penjualan dan bauran produk yang diperlukan agar semua biaya yang
terjadi dalam periode tersebut dapat tertutupi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar