Jumat, 10 Januari 2014

Tactical Decision Making_Managerial Accounting_Chapter 12



                                          Tactical Decision Making
 
Pengambilan keputusan taktis terdiri dari pemilihan di antara berbagai alternatif dengan hasil yang langsung atau terbatas. Tujuan keseluruhan dari pengambilan keputusan strategis adalah untuk memilih strategi alternatif sehingga keunggulan bersaing jangka panjang dapat tercapai. Pengambilan keputusan taktis harus mendukung tujuan keseluruhan ini, meskipun tujuan langsungnya berjangka pendek (menerima satu pesanan khusus untuk meningkatkan laba) atau berskala kecil (memproduksi sendiri daripada membeli komponen). Jadi, pengambilan keputusan takits yang tepat berarti bahwa keputusan yang dibuat mencapai tidak hanya tujuan terbatas tertapi juga berguna untuk jangka panjang.
Biaya relevan merupakan biaya masa depan yang berbeda pada masing-masing alternatif. Semua keputusan berhubungan dengan masa depan, karena itu, hanya biaya masa depan yang dapat menjadi relevan dengan keputusan. Perhitungan biaya relevan pada awalnya menekankan pentingnya biaya relevan versus biaya tetap. Biasanya, biaya variabel adalah relevan sementara biaya tetap tidak. Namun, perhitungan biaya berdasarkan aktivitas (ABC) memungkinkan kita bergerak lebih jauh ketika mempertimbangkan biaya variabel yang berhubungan dengan penggerak biaya berdasarkan unit dan nonunit. Kuncinya adalah bahwa perubahan pada penawaran dan permintaan sumber daya aktivitas harus dipertimbangkan ketika menilai relevansi.
Keputusan-keputusan yang sering diambil dalam kaitannya dengan biaya relevan , antara lain:
1.      Keputusan membuat atau membeli
2.      keputusan meneruskan atau menghentikan
a.       meneruskan atau menghentikan dengan berbagai dampak komplementer
b.       meneruskan atau menghentikan dengan penggunaan alternatif fasilitas
3.      Keputusan pesanan khusus.’
4.      Keputusan menjual atau memproses lebih lanjut.
5.      Keputusan bauran produk
a.       Sumber daya dengan satu kendala.
b.      Sumber daya ddengan banyak kendala.

Salah satu keputusan tersulit yang dihadapi perusahaan adalah penetapan harga. Adapun metode penetapan harga sbb:
1.      Penetapan harga berdasarkan biaya àkarena pendapatan harus menutup biaya perusahaan untuk menghasilkan laba, maka banyak perusahaan terlebih dahulu menetapkan biaya dalam menentukan harga. Mark up adalah persentase yang dibebankan kepada biaya dasar ; termasuk diantaranya adalah laba yang diinginkan.
2.      Perhitungan biaya target dan penetapan harga à adalah suatu metode penentuan biaya produk atau jasa berdasarkan harga (harga target) yang tersedia dibayarkan oleh pelanggan.
3.      Aspek hukum dari penetapan harga
a.       Penetapan harga predator à adalah praktik pengaturan harga yang lebih rendah dari biaya dengan tujuan merugikan pesaing dan mengeliminasi pesaingan.
b.      Diskruminasi harga à adalah pengenaan harga yang berbeda kepada beberapa pelanggan atas produk-produk yang pada dasarnya sama.
4.      Keadilan dan penetapan harga àadalah metode penetapan harga untuk menghindari adanya praktek eksploitasi harga oleh suatu perusahaan yang mempunyai kekuatan pasar. Kekuatan pasar tersebut digunakan oleh perusahan untuk menetapkan harga produknya dengan sangat tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar