|
Pengambilan
keputusan taktis terdiri dari pemilihan di antara berbagai alternatif dengan hasil yang
langsung atau terbatas. Tujuan keseluruhan dari pengambilan keputusan strategis
adalah untuk memilih strategi alternatif sehingga keunggulan bersaing jangka
panjang dapat tercapai. Pengambilan keputusan taktis harus mendukung tujuan
keseluruhan ini, meskipun tujuan langsungnya berjangka pendek (menerima satu
pesanan khusus untuk meningkatkan laba) atau berskala kecil (memproduksi
sendiri daripada membeli komponen). Jadi, pengambilan keputusan takits yang
tepat berarti bahwa keputusan yang dibuat mencapai tidak hanya tujuan terbatas
tertapi juga berguna untuk jangka panjang.
Biaya
relevan merupakan biaya masa depan yang berbeda pada masing-masing alternatif.
Semua keputusan berhubungan dengan masa depan, karena itu, hanya biaya masa
depan yang dapat menjadi relevan dengan keputusan. Perhitungan biaya relevan
pada awalnya menekankan pentingnya biaya relevan versus biaya tetap. Biasanya,
biaya variabel adalah relevan sementara biaya tetap tidak. Namun, perhitungan
biaya berdasarkan aktivitas (ABC) memungkinkan kita bergerak lebih jauh ketika
mempertimbangkan biaya variabel yang berhubungan dengan penggerak biaya
berdasarkan unit dan nonunit. Kuncinya adalah bahwa perubahan pada penawaran
dan permintaan sumber daya aktivitas harus dipertimbangkan ketika menilai
relevansi.
Keputusan-keputusan
yang sering diambil dalam kaitannya dengan biaya relevan , antara lain:
1. Keputusan
membuat atau membeli
2. keputusan
meneruskan atau menghentikan
a. meneruskan
atau menghentikan dengan berbagai dampak komplementer
b. meneruskan atau menghentikan dengan penggunaan
alternatif fasilitas
3. Keputusan
pesanan khusus.’
4. Keputusan
menjual atau memproses lebih lanjut.
5. Keputusan
bauran produk
a. Sumber
daya dengan satu kendala.
b. Sumber
daya ddengan banyak kendala.
Salah
satu keputusan tersulit yang dihadapi perusahaan adalah penetapan harga. Adapun
metode penetapan harga sbb:
1. Penetapan
harga berdasarkan biaya àkarena
pendapatan harus menutup biaya perusahaan untuk menghasilkan laba, maka banyak
perusahaan terlebih dahulu menetapkan biaya dalam menentukan harga. Mark up adalah persentase yang
dibebankan kepada biaya dasar ; termasuk diantaranya adalah laba yang diinginkan.
2. Perhitungan
biaya target dan penetapan harga à
adalah suatu metode penentuan biaya produk atau jasa berdasarkan harga (harga
target) yang tersedia dibayarkan oleh pelanggan.
3. Aspek
hukum dari penetapan harga
a. Penetapan
harga predator à
adalah praktik pengaturan harga yang lebih rendah dari biaya dengan tujuan
merugikan pesaing dan mengeliminasi pesaingan.
b. Diskruminasi
harga à
adalah pengenaan harga yang berbeda kepada beberapa pelanggan atas
produk-produk yang pada dasarnya sama.
4. Keadilan
dan penetapan harga àadalah
metode penetapan harga untuk menghindari adanya praktek eksploitasi harga oleh
suatu perusahaan yang mempunyai kekuatan pasar. Kekuatan pasar tersebut
digunakan oleh perusahan untuk menetapkan harga produknya dengan sangat tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar